Gempa di Patahan Sesar Semangko, 59 Tewas

BAGIKAN:

facebook twitter pinterest line whatapps telegram

Oleh admin
Selasa, 06 Maret 2007 00:00:00 Klik: 392
PADANG, KOMPAS--Gempa yang mengguncang kabupaten/kota di Sumatera Barat berpusat di patahan sesar semangko di darat. Karena kedalaman episentrum hanya 4 km dari permukaan tanah, dampak yang ditimbulkannya sangat luar biasa.

 

"Laporan yang diterima dari BMG Lubuak Mato Kuciang, Padang Panjang, gempa pertama pukul 10.39,4 WIB, berkekuatan 5,8 pada Skala Richter, dengan kedalaman 4 km di bawah permukaan tanah, pusat episentrum 17 km selatan Kota Padang Panjang atau di sekitar daerah Malalo, pinggiran Danau Singkarak," kata Gamawan Fauzi.

 

Gempa kedua kekuatan bertambah, yakni 5,9 SR dengan pusat yang masih sama. Gempa ketika belum diperoleh data dari BMG, karena hubungan via telepon belum pulih, masih terganggu.

 

Dari waktu ke waktu jumlah korban terus bertambah. sampai pukul 14.58 WIB, tercatat sudah 59 orang meninggal. Korban luka baru ada laporan dari Kota Solok, yakni 69 luka dan lima dirujuk ke Kota Padang.

 

Secara terpisah, Kepala Dinas Prasarana Jalan Provinsi Sumbar, Dody Ruswandi, kondisi jalan lintas tengah Sumatera jalur Padang-Bukittinggi di kawasan Lembah Anai, dilaporkan cukup parah. longsor terjadi di banyak titik bahkan bebatuan besar ada yang jatuh ke badan jalan.

 

"Ada korban yang tertimbun longsoran, tapi belum diperoleh berapa orang dan kini alat berat sedang bekerja. Ratusan kendaraan terjebak macet dan kondisi tebing di kawasan Lembah Anai masih labil. Warga dan kendaraan yang terjebak diminta berhati-hati," paparnya.

 

Laporan Wartawan Kompas Yurnaldi

 
 
Berita Lainnya

    Video Pilihan


    Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, ...

    RUMAH-RUMAH NAN INDAH DI KOTO GADANG